Pengetahuan: Virtual Drive

Dear KompKnowledge Readers,

Pembahasan hari ini adalah, “Apa itu Virtual Drive?


Virtual drive, atau yang bisa juga disebut dengan ‘virtual disk’, adalah sebuah media penyimpanan tidak kasat mata yang memungkinkan Anda untuk menyimpan, membagikan, atau menampilkan data di dalamnya. Virtual Drive dapat diimplementasikan dari harddisk yang Anda miliki atau dari media penyimpanan awan (cloud storage) yang tersedia dari server yang Anda miliki atau file hosting. Contoh penyimpanan awan yang tersedia di Internet adalah Microsoft SkyDrive.

Virtual drive bertujuan untuk menyimpan, membagikan, atau menampilkan data milik Anda (atau milik server) tanpa adanya pengaruh dengan sistem atau data yang Anda miliki di komputer Anda. Virtual drive tidak memiliki akses terhadap data yang Anda miliki kecuali Anda mengizinkannya.

Dengan pengembangan virtual drive, kita kini dapat menjalankan sistem operasi virtual, contohnya dengan penggunaan aplikasi VirtualBox atau VMWare Player yang dapat memvisualisasikan penggunaan sistem operasi lainnya di dalam aplikasi itu sendiri. Anda juga dapat membuat akses langsung terhadap berkas Anda yang terdapat di server atau di Internet dengan pengimplementasian virtual drive. Dengan koneksi ke jaringan yang tepat, Anda dapat mengakses data ketika Anda membutuhkannya.

Virtual drive diharapkan kian mudah dibuat dan mudah diperoleh sehingga semua orang dapat menikmati fasilitas ini. Untuk menyimpan, membagikan, atau sekedar menampilkan data diperlukan oleh semua orang yang memiliki lebih dari satu komputer. Kami harap virtual drive akan terus dikembangkan.

——————————————————————————————————————————————————————————
Ditulis oleh:

  • William Darian, KompKnowledge Administrator
  • Viona Stella, KompKnowledge Editor

About Stella Michaelis

I'm an ordinary person who have a family and many best friends whom i love and also very fond of Japan, YUI, manga, anime, and AAPRASN! I assume no one can guess what that means? Hehehe... My hobbies are reading (comics, novels, anything!), working with computers, and writting. A pleasure to know you!

Posted on 5 Oktober 2012, in Pengetahuan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Beri Komentar