Hardware: Keyboard

Dear KompKnowledge Readers,

Kita telah mengenal keyboard semenjak kita pertama kali memegang komputer. Namun, belum tentu kita tahu definisi keyboard itu sendiri.

Keyboard merupakan alat komunikasi antara brainware (pengguna/user) dengan komputer (yang terdiri dari hardware dan software). Keyboard merupakan media input yang paling sering digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari pengguna komputer rumahan hingga perusahaan maju sekalipun masih menggunakan keyboard karena keterjangkauannya, kompatibilitas, dan kemudahan dalam penggunaannya.

Keyboard menjadi sarana dalam menginput strokes yang dikenali oleh komputer menjadi alphebet, angka, dan simbol lainnya (seperti !, @, #, $, %, ^, ?, <, >, (, ), -, _, +, =, dan lainnya). Keyboard juga dipasang dalam produk-produk tertentu, misalnya laptop atau pada produk terpisah bila Anda menggunakan komputer desktop.

Seiring perkembangan jaman, ketboard kini diambil ‘layout’-nya dan diaplikasikan kepada gadget touchscreen atau layar sentuh. Bisa kita ambil contoh beberapa smartphone seperti iPhone, Samsung Galaxy, dan Nokia Lumia mengambil layout keyboard untuk kemudahan mengetik dalam layar sentuh. Keyboard yang ada pada beberapa contoh gadget tersebut bukan merupakan keyboard, melainkan virtual keyboard. Virtual kerboard adalah keyboard yang tidak berwujud, artinya hanya berupa software dan tidak berupa perangkat keras seperti keyboard yang Anda gunakan untuk komputer desktop atau laptop. Beberapa table pun menggunakan virtual keyboard ini, seeperti iPad.

Perkembangan keyboard yang berupa hardware kini cukup lambat tapi masih digunakan secra signifikan di berbagai tempat. Walau hardware keyboard kurang dikembangkan untuk keperluan sehari-hari, masih banyak produsen keyboard yang merancang khusus keyboard untuk gaming sehingga memudahkan gamer untuk bermain game yang kompatibel dengan keyboard tersebut. Beberapa produsen keyboard gameing adalaha Razer, Logitech, dan Microsoft Hardware.

Keyboard yang dimiliki oleh laptop dan komputer desktop meiliki beberapa perbedaans seperti adanya tombol ‘Fn’ di laptop dan adanya numpad pada keyboard untuk komputer desktop. Semua perbedaan ini digunakan untuk memaksimalkan potensi tempat atau portabilitas suatu keyboard. Anda juga dapat melihat keyboard yang bermutu maupun yang biasa saja dari seberapa kuat Anda harus menekan satu stroke hingga dapat dibaca oleh komputer atau dengan melihat adanya numpad, serta hotkey yang tersedia untuk Anda ubah seperlu Anda. Sekian.

KK_Keyboard.png

——————————————————————————————————————————————————————————

Ditulis oleh: William Darian, KompKnowledge Administrator

Iklan

Posted on 6 Oktober 2012, in Di Luar CPU, Hardwares, Penempatan and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: