Game: Spore

Dear KompKnowledge Readers,

Pernahkah Anda mendengar nama permainan ini?  Dalam game yang satu ini, kreativitas dan keinginan untuk bereksplorasi sangat diperlukan. Maksudnya, kita diberi kebabasan untuk membuat kreasi yang unik, aneh, seram, keren sampai abstrak!

Game yang di rilis Electronic Arts ini dapat membuat sel, mahkluk/hewan, kendaraan( seperti mobil, kapal, pesawat, roket). Kita pun bisa menentukan jalan hidup kreasi kita pada game ini, seperti menjadi pemakan tumbuhan atau menjadi predator dan lainnya. Jalan hidup dari kreasi kita akan berantai dan akan terus mempengaruhi di generasi selanjutnya.

Spore dapat kita mainkan dengan beberapa cara. Misalnya, Spore dapat kita mainkan dengan hanya membuat kreasi atau menjalankan stage tertentu tanpa melanjutkan ke generasi selanjutnya. Game Spore secara keseluruhan memiliki 5 tahapan dengan cara bermainnya yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Cell Stage, player mengontrol sel dan harus memakan tumbuhan atau daging hingga berkambang biak dan memiliki otak. Setelah makanan yang diperlukan telah dipenuhi, maka, stage selanjutnya dapat dimainkan.
  2. Creature Stage, lanjutan dari cell stage. Pada tahap ini, player memainkan makhluk kreasi sendiri tetapi dalam bentuk hewan. Di sinilah awal keseruan game Spore berada. Anda mendapatkan pilihan untuk merteman dengan makhluk lainnya atau memburu mereka. Setiap Anda menjalankan pertemanan atau pemburuan, Anda akan mendapatkan DNA. DNA dibutuhkan untuk membuat makhluk Anda semakin hebat dan menyelesaikan stage ini.
  3. Tribal Stage, akan dimainkan oleh player jika berhasil menyelesaikan creature stage. Player harus mengumpulkan makanan untuk keperluan suku sendiri, berkembangbiak untuk memulai perang dan persahabatan sehingga dapat menyerang suku lain atau bergaul dengan suku lain. Bila semua suku telah sepenuhnya dipengaruhi oleh suku Anda (hancur/berelasi baik), maka Anda akan melanjutkan game ke civilization stage.
  4. Civilization Stage, pada tingkatan ini, player memerlukan taktik untuk menguasai seisi planet, baik dengan cara menjalin relasi dengan kerajaan yang lain atau dengan cara menjajah mereka, sehingga mereka berada di bawah kendali Anda. Stage ini merupakan stage yang perlu diselesaikan player sebelum dapat melanjutkan ke space stage.
  5. Space Stage, tahap terakhir yang tidak akan pernah berakhir, tahap di mana player harus menjual rempah (spice) dari planet mereka ke planet tetangga (milik sendiri maupun orang lain) untuk mendapatkan uang. Mendominasi galaksi adalah hal yang diperlukan untuk bertahan di stage ini. Meneruskan pengembangan plenet yang ada juga merupakan tugas Anda, Anda harus menduduki planet kosong untuk meletakan koloni Anda di dalamnya.

KK_Spore.png

——————————————————————————————————————————————————————————
Ditulis oleh:

  • William Darian, KompKnowledge Administrator
  • Gionardy Goputra, KompKnowledge Editor

Posted on 8 Juni 2012, in Game and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Beri Komentar