Windows 8: Windows 8 Consumer Preview is Here!

Dear KompKnowledge Readers,

Windows 8 Consumer Preview, atau yang biasa kita panggil Windows 8 Beta, kini sudah hadir. Anda yang masih kesulitan dalam menggunakan Windows 8 Developer Preview dapat beradaptasi lagi dengan Windows 8 Consumer Preview. Kini, dengan lebih dari 100.000 perubahan dari Windows 8 Developer Preview, Windows 8 Consumer Preview lebih mudah dikustomisasi, lebih stabil, dan lebih mudah digunakan.

Windows 8 Consumer Preview ini adalah perbaikan bagi Windows 8 Developer Preview. Saya menemukan kenyamanan dan kemudahan, dari instalasi hingga pemakaiannya dalam Windows 8 Developer Preview ini. Sungguh harus dicoba bila Anda merasa kurang puas dengan Windows 8 Developer Preview.

Windows 8 Consumer Preview mendapatkan respon yang netral dari banyak kalangan. Beberapa setuju dengan tampilan baru Metro Style, dan beberapa memaki Microsoft terlalu fokus dengan touchscreen (tablet dan ARM). Ini merupakan awal yang kurang baik, tapi bisa kita lihat produk rilisnya nanti di akhir tahun 2012.

Walau terlihat benar, Microsoft sepertinya akan berlomba-lomba mengalahkan tablet Apple, iPad, tapi Windows 8 adalah produk yang agak berlebihan. Saya juga kurang setuju bahwa mereka mengatakan Windows 8 berjalan dengan potensi maksimum di laptop, desktop, dan tablet. Windows 8 lebih tertuju kepada tablet. namun, saya juga akan mempertimbangkan lagi pendapat saya saat produk dirilis nanti.

Banyak sekali perubahan yang bisa Anda temukan. Mulai dari yang ditambahkan dan dihilangkan. Perubahan-perubahan tersebut kebanyakan membawa dampak positif, walau saya kecewa dengan dihapusnya Metro App tentang Twitter, Facebook, dan mainan seperti Copper dan Labirynth.

Windows 8 Consumer Preview pada dasarnya tidak mengambil skema dasar hijau lagi seperti Windows 8 Developer Preview. Windows 8 Consumer Preview, seperti yang saya sudah katakan, lebih mudah dikustomisasi. Windows 8 Consumer Preview dapat mengambil warna Turquoise pucat, hitam, biru gelap, Violet, Magenta, merah, cokelat, hijau gelap, dan abu-abu.

Kesan pertama mengenai Windows 8 Consumer Preview adalah proses instalasi mudah dan cepat, kinerja lebih ringan dan stabil, kompatibilitas yang dipoles kembali, kustomisasi, Windows Aero yang telah diperbaiki (ini penting karena saya pecinta Aero), dan tak ketinggalan, Windows Store.

Minimum requirement tidak berubah dari Windows 8 Developer Preview, yaitu:

  • Processor: >1GHz
  • RAM: >1GB (32bit), >2GB (64bit)
  • HDD: >16GB (32bit), >20GB (64bit)
  • VGA: Support DirectX 9 dan WDDM 1.0 atau lebih
  • Resolusi monitor: >1024×768, untuk membuka Metro App secara bersamaan (snap) diperlukan 1366×768
  • Touchscreen, keyboard, atau mouse

KK_W8CP.png*

*Windows 8 Consumer Preview Build 8250. Skema warna start menu: Abu-abu

——————————————————————————————————————————————————————————

Ditulis oleh: William Darian, KompKnowledge Administrator

Iklan

Posted on 27 April 2012, in Windows 8 and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: