Berita: OpenOffice Kini LibreOffice

Dear KompKnowledge Readers,

Pembahasan hari ini adalah: “Mengapa OpenOffice.org kini menjadi The Document Foundation atau yang kita kenal dengan LibreOffice?

Kita telah banyak mendengar bahwa OpenOffice.org (OOo) adalah alternatif dari Microsoft Office yang sangat ampuh, dan yang terpenting, gratis. Tapi, pada perkembangannya yang sangat pesat, kenapa mendadak OOo hilang dan LibreOffice muncul dengan versi yang seakan-akan merupakan lanjutan dari versi OOo.

Pada 28 Oktober 2010, beberapa anggota dari projek OOo membentuk grup baru dan menamainya “The Document Foundation”. The Document Foundation lalu menciptakan LibreOffice dari projek sebelumnya karena kekhawatiran Oracle akan menghentikan OOo atau menetapkan batasan open-source pada OOo seperti pada OpenSolaris.

Nama LibreOffice mulanya dibuat sementara, sebagai Oracle diundang untuk bergabung dengan The Document Foundation untuk menyumbangkan mana OOo untuk LibreOffice, tetapi ditolak. OOo mengalami revolusi yang sangat drastis, kabar ini merebak ke Internet setelah para pengembang OOo memututskan untuk melakukan perubahan besar besaran pada software open-source ini. Revolusi ini adalah sebagian bentuk sikap mereka yang akhirnya bisa membebaskan diri dari Oracle, dan semua jenis perusahaan yang mencoba menempel pada software besar ini. Mungkin saja Oracle memiliki rencana yang berbeda untuk projek open-source OOo ini ? Namun sebagaimana mestinya yang kita ketahui, Oracle telah membeli Sun Microsystems pada tahun ini, dan pada dasarnya itu juga sudah menyangkut dengan OOo.

Kini, bagi Anda yang masih menggunakan OpenOffice.org, tidak ada salahnya mencoba LibreOffice.

KK_OOoKiniLibre.png

Sumber:

Unduh gambar resolusi penuh: KK_OOoKiniLibre.rar @ Mediafire

——————————————————————————————————————————————————————————

Ditulis oleh: William Darian, KompKnowledge Administrator

Iklan

Posted on 29 Agustus 2011, in Berita and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: